| Home | Book-Literature | Inspiring-Religion | Economy-Business | Social-Cultural-Languange | Politics-Conspiracy | Health-Sport | Music-Movie | Femininity-Parenting |

Monday 9 June 2014

KEISTIMEWAAN KUCING

     Kali ini postingan saya akan membahas tentang binatang peliharaan yang paling saya suka yaitu kucing. Tentu teman-teman juga banyak yang suka dengan binatang lucu ini kan? Di Amerika dan Inggris sekalipun dalam film yang sering kita lihat atau di berbagai media yang kita jumpai warganya menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan mereka, namun ternyata lebih banyak kucing yang dipelihara sebagai hewan kesayangan dibandingkan anjing. Paling tidak sekitar sepertiganya memiliki minimal dua ekor kucing. Di Amerika saja kira-kira sekitar  37% rumah-rumah di sana memiliki satu ekor kucing.

Bahkan nabi akhir jaman Muhammad SAW. pun sangat sayang pada binatang ini.
Mungkin timbul beberapa pertanyaan. Mengapa Rasulullaah SAW. sayang dan menganjurkan kita untuk menyayangi kucing? Apakah benar menelantarkan dan menyakiti kucing hukumannya berat? Apakah kucing itu najis? Kenapa mata kucing dapat bersinar dan membesar ketika gelap? Atau beberapa fakta-fakta unik lain tentang kucing yang mungkin belum pembaca ketahui. Yuk kita simak sama-sama!


FAKTA UNIK TENTANG KUCING

  • Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa memiliki dan memelihara kucing baik untuk kesehatan pemilik dan mengurangi kejadian penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.
  • Bermain dengan kucing dan membelai-belai bulu kucing dapat membantu melepaskan stress.
  • Kucing yang mendengkur di pangkuan anda dapat memberikan perasaan aman dan nyaman yang kuat.
  • Dengkuran kucing (purring) tidak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan.
  • Ketika seekor kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan kita berarti dia sedang menandai kita dengan baunya dan menyatakan kita sebagai pemiliknya.
  • Ailurofilia adalah istilah yang sering ditujukan pada penyayang kucing yang berlebihan.
  • Masyarakat Mesir kuno adalah orang-orang yang pertama menyadari potensi kucing sebagai pemburu tikus, mereka menjinakkan dan memelihara kucing untuk melindungi ladang dan gudang jagung.
  • Sir Isaac Newton terkenal bukan saja karena penemuan hukum gravitasi, tetapi juga penemuan pintu khusus kucing yang biasa terdapat pada pintu rumah (cat flap). Yang kemudian diadopsi juga sebagai pintu anjing atau binatang peliharaan lain.
  • Kontes kucing pertama yang tercatat secara resmi diadakan di Crystal Palace (Inggris) pada tahun 1871.
  • Seekor kucing domestik dapat berlari dengan kecepatan 48 km/ jam.
  • Daya pendengaran kucing jauh lebih peka daripada manusia dan anjing.
  • Seekor kucing mempunyai tulang-tulang lebih banyak daripada manusia, manusia mempunyai 206 buah tulang, sedangkan kucing 230 buah.
  • Kucing yang sehat mempunyai suhu tubuh 380 sampai dengan 39,50 Celcius.
  • Semua kucing memerlukan taurine dalam makanan untuk mencegah kebutaan. Kucing juga harus mengkonsumsi sejumlah lemak dalam makanan karena tidak dapat memproduksi lemak sendiri.
  • Susu dapat menyebabkan diare pada beberapa kucing.
  • Kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan dan menumpuk di lambung.
  • Ekor kucing dipergunakan untuk menjaga keseimbangan terutama ketika sedang melompat atau berlari.
  • Kucing dewasa mempunyai 30 buah gigi, 16 buah di rahang atas dan 14 buah di rahang bawah.
  • Ada sekitar 9600 helai rambut tiap cm2 kulit bagian atas dan sekitar 19200 helai rambut tiap cm2 kulit  bagian bawah.
  • Kaki depan kucing mempunyai lima jari dan empat jari pada kaki belakang. Kucing yang lahir dengan enam atau tujuh jari pada kaki depan dan tambahan jari pada kaki belakang disebut polidaktil.
  • Kucing betina matang secara seksual ketika berumur 6 sampai 10 bulan, sedangkan kucing jantan pada umur 9 sampai 12 bulan.
  • Kucing betina hamil selama 9 minggu atau sekitar 62 sampai 65 hari.
  • Rata-rata jumlah anak kucing dalam satu kelahiran adalah dua sampai enam ekor.
  • Rata-rata waktu tidur kucing sekitar 16 jam.
  • Rata-rata umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar tiga sampai lima tahun, sedangkan bagi yang hidup di dalam rumah dapat mencapai umur 16 tahun atau lebih lama.
  • Waktu harapan hidup kucing bertambah dua kali lipatnya selama 15 tahun belakangan

KUCING BINATANG KESAYANGAN RASULULLAAH MUHAMMAD SAW.
      Rasulullaah SAW. memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu ketika Rasulullaah hendak mengambil jubahnya namun dilihatnya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubah tersebut. Tidak ingin mengganggu hewan kesayangannya, Rasulullaah kemudian memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Ketika Rasulullaah kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai wujud kasih sayangnya Rasulullaah kemudian mengelus lembut ke badan Mueeza sebanyak tiga kali.

Dalam aktivitas lain setiap kali Rasulullaah menerima tamu di rumahnya, beliau selalu menggendong Mueeza kemudian memangkunya di paha. Salah satu sifat Mueeza yang disukai Rasulullaah adalah selalu mengeong ketika mendengar adzan dan suaranya terdengar seolah-olah seperti mengikuti lantunan suara adzan.

Kepada para sahabat, Rasulullaah berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan layaknya menyayangi keluarga sendiri. Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan ini sangatlah serius, yaitu siksa neraka. Dari Ibnu Umar ra. Rasulullaah SAW. bersabda, “Seorang perempuan dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari).
Jika tidak memberi makan saja berdosa apalagi menyakitinya, tentu lebih berat siksanya.

KUCING TIDAK NAJIS
       Apakah teman-teman tahu kalau ternyata sisa makanan kucing itu hukumnya suci?
Hadist Kabsyah binti Ka’b bin Malik menceritakan bahwa Abu Qatadah, mertua Kabsyah, masuk rumahnya. Lalu beliau menuangkan air untuk wudhu. Kemudian datang seekor kucing yang ingin minum. Lantas beliau menuangkan air ke bejana sampai kucing itu minum. Kabsyah berkata, ”Perhatikanlah”. Abu Qatadah berkata, ”Apakah kamu heran?”. Beliau menjawab, ”Iya”. Lalu Abu Qatadah berkata bahwa Rasulullaah pernah bersabda, ”Kucing itu tidak najis. Dia binatang yang suka berkeliling dalam rumah (binantang rumahan),” (HR. Al-Tirmidzi, Al Nasa’i, Abu Dawud dan Ibnu Majah).
Diriwayatkan dari Ali bin Al-Hasan, dari Anas yang menceritakan bahwa Rasulullaah SAW. pergi ke Bathan, Madinah. Lalu Beliau berkata, ”Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana”. Lalu Anas menuangkan air. Ketika sudah selesai, Rasul menuju bejana namun seekeor kucing datang dan menjilati bejananya. Melihat itu Rasul berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum lalu berwudhu. Rasul ditanya mengenai hal tersebut dan Beliau menjawab, ”Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, dia tidak dikotori sesuatu bahkan tidak ada najis.”

Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra., yang mendengar Rasulullaah SAW. bersabda tentang kucing, ”Dia tidak najis. Dia binatang yang sering keliling di antara kalian.” Hadist ini diriwayatkan oleh Malik, Ahmad dan imam hadis lain. Oleh karena itu kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas dan sisa makanannya suci. Aisyah pernah melihat Rasulullaah SAW. berwudhu dari sisa jilatan kucing. (HR. Al-Baihaqi, Abd Razzaq, dan Daruquthni).


PENELITIAN ILMIAH TERKAIT KUCING
      Berikut hasil penelitian laboratorium yang dapat mendukung dan membuktikan sabda Rasulullaah tersebut.
Di rumah sakit Hamdan dan Rumah sakit Yaman di Damaskus telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia dan perbedaan posisi kulit, seperti punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor. Pada bagian-bagian tersebut dilakukan pengambilan sampel dengan usapan. Selain itu dilakukan pula penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan mengusap lidah. 

 
Hasil penelitian yang didapat yaitu:
1. Hasil yang diambil dari kulit luar ternyata negatif meskipun dilakukan berulang-ulang
2. Perbandingan yang ditanamkan memberikan hasil negatif sekitar 80% jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut
3. Cairan yang diambil dari permukaan lidah memberikan hasil negatif
4. Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam
5. Kuman yang ditemukan saat proses penelitian dilakukan berasal dari kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah terbatas seperti enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dari 50 ribu pertumbuhan.

Berikut beberapa komentar dari para dokter yang bergelut dalam bidang kuman.
    Menurut Dr. George Maqshud, Ketua Laboratorium di Rumah sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.
Penelitian lain dilakukan oleh Dr. Gen Gustafin terhadap berbagai cairan untuk membandingkan liur manusia, anjing dan kucing. Ditemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, kemudian manusia memiliki seperempat dari anjing, lalu pada kucing terdapat setengah dari kuman manusia.
Dokter hewan di RS Hewan Damaskus, Said Rafah menegaskan pula bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bernama lysozyme.
Kucing tidak menyukai air karena air tempat yang sangat subur untuk tumbuhnya bakteri, terlebih pada air yang menggenang. Kucing menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya, ia menjauh dari panas matahari yang terlalu menyengat namun juga tidak dekat-dekat dengan air. Tujuannya tentu saja agar bakteri tidak berpindah ke padanya. Inilah yang menjadi faktor tidak ditemukannya kuman pada tubuh kucing.

Berdasarkan hasil penelitian dan dari berbagai sumber yang dapat dipercaya dapat diambil kesimpulan bahwa badan kucing secara keseluruhan bersih, tidak memiliki kuman maupun mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan. Bahkan kucing lebih bersih dari manusia.

Dari hadist-hadist tersebut juga telah jelas bahwa ketika Muhammad mengatakan bahwa kucing itu suci kemudian wudhu dengannya, nabi menunjukkan dan menekankan kepada kita tentang sucinya kucing. Subhanallaah bagaimana mungkin seorang manusia bisa mengetahui bahwa kucing tidak najis tanpa melakukan dan/ atau ada penelitian ilmiah sebelumnya? Hal ini semakin membuktikan bahwa Muhammad SAW. adalah benar seorang utusan Allaah SWT.

Berikutnya yang tidak kalah menarik, kita akan membahas tentang rahasia penciptaan kucing, terutama bagian yang sangat penting yaitu mata.

MATA KUCING BUKTI KESEMPURNAAN CIPTAAN ALLAAH
      Mata kucing merupakan salah satu bukti kesempurnaan Allaah dalam penciptaan. Allaah SWT. telah menciptakan mata kucing dengan pengaturan dan letak yang sesuai dengan makhlukNYA. Di salah satu ayat, Allaah berfirman tentang kesempurnaan ciptaannya, Dialah Allaah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepadaNya. Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al-Hasyr: 24)
Apakah teman-teman pembaca tahu jika Kucing dapat dengan mudah membedakan warna hijau, biru dan merah?
Meskipun demikian kelebihan sebenarnya dari mata kucing adalah agar dapat melihat di malam hari. Kelopak mata kucing terbuka di malam hari. Ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar (hampir 90% mata) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya. Sebaliknya, ketika mendapat cahaya yang lebih terang, sistem bekerja berlawanan untuk melindungi retina, pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis.

Kucing juga mempunyai sebuah lapisan pada matanya yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini berada di belakang retina dan berfungsi sebagai penerima cahaya. Lapisan ini disebut kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Berkat kristal ini cahaya yang jatuh di belakang mata dipantulkan kembali ke retina. Beberapa cahaya yang di pantulkan kembali ke lensa sehingga mata bersinar. Berkat struktur ini jumlah cahaya yang diterima mata meningkat sehingga bisa melihat dalam kegelapan. Karena itulah kucing dapat melihat dengan mudah saat cahaya hanya sedikit, bahkan saat gelap, saat mata manusia tidak dapat melihat. Lapisan itu jugalah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari. Ini bukanlah bentuk dari bio-luminescence, karena binatang tidak menghasilkan cahanya, melainkan hasil dari pemantulan.

Sebab lain mengapa kucing dapat melihat dalam gelap adalah karena adanya sel-sel batang yang lebih banyak di bandingkan sel-sel kerucut di retina mereka. Sel-sel batang hanya sensitive pada cahaya. Mereka membentuk bayangan hitam atau putih tergantung dari cahaya yang datang dari objek, namun mereka sangat sensitive walau hanya dengan sedikit cahaya. Berkat sel-sel batang ini kucing dapat berburu dengan mudah di malam hari. Subhanallaah, Allaah menciptakan struktur mata yang sesuai dengan kondisi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Mata kucing memiliki struktur dan karakteristik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini adalah salah satu contoh sempurna dari hasil ciptaan Allaah. Hasil ciptaan Allaah yang unik ini terbukti dalam salah satu ayat Pencipta langit dan bumi, ketika Dia ingin menciptakan sesuatu maka Dia hanya berkata ‘jadilah’ maka jadilah ia.” (QS. Al-Baqarah: 117) 
 
PELAJARAN BAGI INSAN YANG BERIMAN
      Selain kemampuan melihat di malam hari, ternyata bola mata kucing juga lebih besar dibandingkan dengan manusia. Jika bidang penglihatan manusia hanya sampai 160 derajat, kucing dapat mencapai 187 derajat. Wow! Dengan karakteristik ini mereka dapat dengan mudah melihat ancaman yang ada. Ini adalah contoh karakteristik lain dari hasil ciptaan Allaah dengan bentuk yang berbeda. Sebagaimana di katakan dalam Al-Qur’an, karakteristik ini adalah pelajaran bagi orang-orang yang beriman, Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagimu. (QS. An-Nahl: 66)
 
Keajaiban lain pada kucing yaitu pada mata kucing terdapat membran ketiga yang disebut nictitating  membrane. Membran ini transparan dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Karenanya kucing dapat mengedipkan mata mereka tanpa harus menutup semuanya. Membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu dan debu atau benda-benda lain tidak mengenai mata mereka sehingga mata mereka tetap bersih dan lembab. Itulah mengapa kucing tidak perlu sering mengedipkan matanya seperti manusia. Jika kucing mengedipkan mata mereka sepanjang waktu seperti manusia agar matanya tetap bersih dan lembab, hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di saat berburu. Tidak mengedipkan mata merupakan salah satu kesempurnaan ciptaan Allaah untuk makhluk ini.
Berdasarkan uraian tadi dapat diketahui bahwa mata kucing mempunyai karakteristik yang jauh berbeda dengan manusia. Perbedaan lainnya yaitu kucing tidak dapat melihat dalam jarak dekat dan tidak bisa fokus pada objek yang dekat dengan mereka. Namun Allaah telah menciptakan rambut sensoris dengan mekanisme sensoris yang kuat untuk makhluk indah ini. Berkat penciuman dan rambut sensoris ini kucing dapat dengan mudah mendeteksi dalam jarak dekat. Mereka dapat merasakan dengan jarak dua sampai enam meter, jarak ini cukup bagi kucing untuk berburu/ menangkap mangsa.

Karakteristik lain pada mata kucing adalah sensitive pada gerakan, keindahan dan yang sesuai dengan jarak penglihatan mereka. Luar biasanya mata kucing dan otaknya memisahkan setiap gerakan bingkai demi bingkai. Otak kucing bisa merasakan lebih banyak gambar daripada kita. Misalnya saja mereka dapat dengan mudah melihat tanda-tanda elektronika pada layar televisi dibandingkan kita manusia. Ini adalah bakat khusus yang diberikan Allaah pada kucing. Hal ini dikarenakan  kucing menangkap mangsa mereka berdasarkan objek yang bergerak.
Mata kucing diciptakan dengan karakteristik luar biasa. Ketika struktur dan karakteristik mata diuji secara individual maka akan dilihat fungsi yang berbeda dan ini merupakan bukti dari beragamnya hasil penciptaan Allaah. Variasi ini tidak dapat dikatakan sebagai hasil dari mutasi ataupun seleksi alam. Allaah telah memberikan mata yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan nutrisi makhluknya. Memiliki pengetahuan tentang sistem yang menakjubkan ini merupakan kesempatan bagi setiap orang untuk melihat kekuasaan dan pengetahuan Allaah yang telah menciptakan makhlukNYA. Kita harus bersyukur pada Allaah yang telah menciptakan alam semesta ini. Adapun bagi orang-orang yang yang menolak ayatNYA, Allaah menjulukinya pendusta, seperti pada ayat Siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya?” (QS. Al-Kahfi: 57).

Kucing diciptakan dalam bentuk yang ideal sesuai dengan lingkungan mereka, mereka perlu bernafas, makan, berburu dan mempertahankan diri agar tetap hidup. Oleh karena itu mereka harus mengenal dunia mereka dan membedakan antara musuh dan mangsa mereka. Dengan demikian mereka memerlukan penglihatan khusus untuk melihat lingkungan mereka.


Bagaimanapun Allaah Yang Mahakuasa telah memberikan karakteristik yang mengagumkan seperti mata yang memiliki struktur khusus, bentuk dan ketajaman penglihatan untuk kucing. Penciptaan mata yang memiliki kekhususan bagi kucing merupakan pelajaran bagi orang-orang yang beriman sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an, Dan disana terdapat pelajaran bagimu.” (QS. Al-Mu’miniin: 21).
Karakteristik mata kucing berfungsi sesuai dengan hukum yang ditetapkan Allaah SWT. Allaah menciptakan mata ini dan setiap detailnya tanpa contoh sama sekali. Hal ini terungkap dalam ayat-ayat bahwa Allaah adalah pencipta semuanya, Allaah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian lagi berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian berjalan dengan empat kaki. Allaah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS. An-Nuur: 45)

Subhanallaah, itulah bukti-bukti kebesaran dan kekuasaan Allaah SWT. DIA menciptakan semuanya tanpa cela dan tidak sia-sia. Semoga kita dapat mengambil dan menyebarkan pelajaran, hikmah, ibrah dan kebaikan serta manfaat dari pengetahuan/ wawasan yang telah kita dapatkan kali ini. Aamiin... >_<



[Sumber: kucingkita.com, diandka.blogspot.com, republika online]

No comments:

Post a Comment